Beranda » Uncategorized » Sejarah Kopi Joss Pakkai Arang 1980

Kopi Joss dengan Arang untuk Menyehatkan Tubuh

Halo sobat kreatif.

Kalau kalian berkunjung ke Jogja pasti tidak seru rasanya tanpa berwisata kuliner. Apalagi kalau jalan ke Malioboro, kalian harus banget mencicipi makanan khas seperti bakpia, gudeg, sate, kere, nasi kucing dan yang lainnya.

Ada juga minuman khasnya yang bernama Kopi Joss dengan Arang, kopi ini di buat dari bahan dan teknik yang berbeda dari kopi biasanya.

Penasaran? Yuk, simak artikelnya.

kopi joss

Sejarah

Pada tahun 1980 Kopi Joss dengan Arang pertama kali diracik oleh Lek Man. Pedagang asal Klaten yang berjualan di Jogja ini ternyata bukan berasal dari Jogja, melainkan dari Klaten, Jawa Tengah.

Pak Lek Man membuka angkringan sudah puluhan tahun di kawasan Stasiun Tugu Jogja. Saat itu banyak pelanggannya yang berasal dari Jawa Timur, mereka minta dibuatkan kopi kothok (biji kopi yang direbus langsung dengan gula).

Namun Pak Lek Man tidak bisa membuatkan kopi tersebut sehingga beliau meracik kopi baru yang disebut Kopi Joss dengan Arang panas ke dalam segelas kopi yang sudah jadi. Hasilnya, kopi itu menjadi sangat panas seperti kopi kothok. Karena arang itu kopi joss tidak cepat dingin dan bisa dinikmati dalam waktu lama.

Penyajian

Minuman terbuat dari kopi bubuk biasa dan gula secukupnya yang diseduh dengan air panas. Lalu masukan beberapa potong arang membara ke dalam gelas! Saat itu terdengarlah bunyi Joosss yang menjadi inspirasi nama kopi ini.

kopi joss

Tunggu beberapa menit sebelum menyeruputnya agar lidahmu tidak terbakar. Saat dicicipi, akan tercium aroma dan rasa agak pahit yang berasal dari arang.

Khasiat

Arang yang dipakai untuk kopi joss tidak sembangan, arang ini terbuat dari kayu sambi yang kalau dibakar sampai panas bisa bagus untuk kesehatan.

Jika kayu sambi dibakar dengan suhu sekitar 250ºC, secara alami arang akan berubah menjadi karbon aktif. Dilansir dari Hello Sehat, karbon aktif memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti mengobati perut kembung, asam lambung, dan mengikat zat-zat penghasil gas berlebih pada sistem pencernaan.

Kopi Joss dengan Arang lebih enak jika dinikmati dengan makanan berat seperti sego kucing, aneka sate yang tersedia di Angkringan. Kalian bisa makan banyak di Angkringan karena harga yang sangat murah di badingkan dengan restoran, dengan murah perut kalian bisa kenyang hanya dengan Rp 10.000 kalian dapat menikmati Kopi Joss, Sego Kucing, sate dan gorengan.

 

Cek IG kita juga di instagram.com/kreatif_trip

Untuk kalian yang  ingin mengadakan Outing ke Lembang bisa cek https://www.kreatiftrip.com/outing-lembang-murah-350-ribudi-era-new-normal/

Untuk Referensi artikel lain, sobat Kreatif bisa cek di https://www.kreatiftrip.com/mau-ke-solo-ini-5-rekomendasi-hotel-solo-murah/

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!